WAKIL KETUA MA BIDANG NON YUDISIAL SAMPAIKAN CERAMAH UMUM KEPADA CALON HAKIM LINGKUNGAN PERADILAN UMUM DAN PERADILAN AGAMA

Mega mendung – Humas : Wakil ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial Dr. Sunarto, SH., M.H., memberikan ceramah umum bagi Calon Hakim lingkungan Peradilan Umum dan Lingkungan Peradilan Agama dengan tema “Peran Mahkamah Agung Dalam Rangka Menyiapkan Hakim Profesional Melalui Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu”, bertempat di gedung Pusdiklat Litbang Hukum dan Peradilan, Ciawi Bogor pada hari Kamis,31/10/2019.

Dalam ceramahnya Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial mengutarakan mengenai seorang Hakim yang profesional idealnya harus memenuhi 3 kriteria yaitu: Intelektualitas (Hard Competency), Keahlian atau skill (experience) dan Integritas (Soft Competency), sehingga seorang Hakim bukanlah dilahirkan, tapi dibentuk dengan nilai Integritas, intelektualitas dan keahlian.

“Integritas bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan berperilaku jujur, bertanggung jawab dan dapat dipercaya serta konsisten.” tutur Mantan Kepala Badan Pengawasan.

Perilaku jujur, memegang teguh prinsip-prinsip kebenaran, etika, dan moral, serta berbuat sesuai dengan perkataan, merupakan karakteristik integritas.

“Integritas memberikan kebebasan sepenuhnya, karena dengan berintegritas berarti kita tidak mempunyai sesuatu yang ditakutkan sebab kamu tidak mempunyai sesuatu yang disembunyikan.” Demikian pesan Dr. Sunarto yang didampingi oleh Sekretaris Litbang Diklat Hukum dan Peradilan, para mentor dan juga Widiaswara.  Acara ditutup dengan foto bersama dengan para Calon Hakim Lingkungan Peradilan Umum dan Agama. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up