Monthly Archives: August 2020

WEBINAR ESQ PERSONAL TRANSFORMATION PROGRAM DALAM UPAYA MEWUJUDKAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM(WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BEBAS MELAYANI) DI PTUN TANJUNGPINANG

Batam- Sabtu, 29 Agustus 2020, sehubungan dengan undangan Yang Mulia Bapak Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial no-49 tanggal 25 Agustus 2020 perihal pembekalan mewujudkan Zona Integritas menuju WBK / WBBM, seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang secara antusias mengikuti acara tersebut secara online dengan aplikasi Zoom meeting dikantor Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang.

Dari kegiatan tersebut terdapat 8 Nilai-nilai Utama Mahkamah Agung RI yang harus dihayati oleh seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan yaitu :

  1. Kemandirian
  2. Integritas
  3. Kejujuran
  4. Akuntabilitas
  5. Responsibilitas
  6. Keterbukaan
  7. Ketidaberpihakan
  8. Perlakuan yang sama di hadapan hukum.

Acara webinar ESQ dimulai dari pukul 08.00 wib sampai pukul 16.00 wib.

SEMINAR BUDAYA KERJA DAN IMPLEMENTASI TATA NILAI MAHKAMAH AGUNG

Jakarta – Humas: Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia menggelar seminar secara virtual bertajuk “Seminar Budaya Kerja dan Implementasi Tata Nilai Mahkamah Agung (MA)”, di Command Center MA, Jumat (28/8/2020). Sekretaris Mahkamah Agung, A.S. Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum dalam pembukaan seminar mengatakan  tujuan diadakannya seminar ini ialah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional guna mewujudkan visi Mahkamah Agung yaitu “Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung” sehingga dapat memberikan pelayanan hukum dan peradilan secara cepat, tepat, transparan, akuntabel dan profesional kepada masyarakat pencari keadilan.

“Dalam upaya mendukung pelaksanaan Reformasi tersebut, diperlukan budaya kerja berupa sikap dan perilaku individu-individu yang didasari atas nilai-nilai organisasi yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari di lingkungan MA dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya”, tambah Sekretaris MA.

Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Dr. Sunarto, S.H., M.H membuka acara seminar ini dengan mengutip kalimat Ketua Mahkamah Agung New Jersey Arthur T. Vanderbilt, “the best organization of the courts will be ineffectiveif the judges who man it are lacking the necessary qualifications” organisasi pengadilan yang baik tidak akan efektif jika hakim yang mengelolanya kurang memiliki kualifikasi yang diperlukan.

“Visi MA tahun 2010-2035 adalah mewujudkan Badan Peradilan Indonesia Yang Agung. Salah satu cirinya yaitu dengan pengelolaan sumber daya manusia yang kompeten dengan kriteria obyektif sehingga tercipta personil peradilan yang berintegritas dan profesional. Untuk mencapai kondisi tersebut, Cetak Biru Mahkamah Agung 2010-2035 mengamanatkan agar pengelolaan sumber daya manusia Mahkamah Agung dilakukan berbasis kompetensi agar dapat dicapai desain organisasi berbasis kinerja dan pada akhirnya dapat memberikan pelayanan prima kepada pengguna peradilan”, ucap Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial.

Lebih lanjut ia menambahkan, salah satu area perubahan yang menjadi tujuan reformasi birokrasi berdasarkan Peraturan Presiden No. 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2035 adalah pola pikir (mindset) dan budaya kerja (culture set). Dalam Perpres  No.81 Tahun 2010 terdapat delapan area perubahan yang menjadi tujuan tujuan reformasi birokrasi meliputi seluruh aspek manajemen pemerintahan yaitu: organisasi, tata laksana, peraturan perundang-undangan, sumber daya manusia aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik dan pola pikir (mind set).

Seminar ini menghadirkan Dr. Ary Ginanjar Agustian, founder ESQ Group sebagai pembicara dan dihadiri para Pejabat Eselon I MA, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia, Pejabat Eselon II MA, para Sekretaris dan Panitera Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia  baik yang mengikuti secara fisik maupun melalui zoom meeting. Acara ini juga  disaksikan melalui live streaming youtube Mahkamah Agung. (RS/HAA/PN).

MAHKAMAH AGUNG GELAR DIALOG INTERNASIONAL

Jakarta – Humas: Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 MA menyelenggarakan Dialog Internasional: Tantangan dan Peran Peradilan dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Pascakrisis di Command Center MA, Kamis (27/8/2020). Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Mahkamah Agung dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Kementerian  Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Pemerintah Australia.

Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Dr. Sunarto, S.H., M.H, sekaligus ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwasanya  pandemi Covid-19 ini juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi, hingga berbagai negara menghadapi resesi, oleh sebab itu Mahkamah Agung telah membuat kebijakan-kebijakan yang inovatif untuk menyelesaikan perkara persidangan di tengah pandemi ini.

Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H, Ketua Mahkamah Agung  dalam sambutannya menyampaikan, lembaga peradilan harus bekerja bahu-membahu dengan semua elemen lembaga negara lain agar pertumbuhan ekonomi tetap berputar dan agenda-agenda untuk kesejahteraan tetap dapat dijalankan.

“Selama pandemi Covid-19, Pemerintah telah berusaha menyeimbangkan penanganan pandemi bersamaan dengan upaya pemulihan ekonomi nasional sebagai dampak pandemi dengan menerbitkan sejumlah peraturan seperti Undang-undang Nomor 2 tahun 2020 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penangan Covid-19 dan atau dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan atau Stabilitas Sistem Keuangan menjadi Undang-undang”, ucap Ketua MA.

Lebih lanjut, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D mengatakan, seluruh dunia sedang menghadapi ketidakpastian dalam menghadapi pandemi ini. Di tengah menghadapi Covid-19 dan dampaknya, pemerintah telah melakukan pemulihan-pemlihan ekonomi seperti bidang kesehatan, bantuan sosial dan langkah-langkah langsung lainnya di bidang usaha kecil menengah. Saat krisis ekonomi terjadi, kepastian hukum sangat penting untuk merespon dampak ke depan agar bisa diatasi lebih tepat.

Dialog internasional ini juga diikuti oleh Kuasa Usaha Kedutaan Besar Australia, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI, Hakim Agung Kamar Perdata Mahkamah Agung RI, Hakim Agung Mahkamah Agung Singapura, Federal Court of Australia, para Pejabat Eselon I dan II di lingkungan MA, Wakil Ketua KPK, Wakil Ketua Kejaksaan Agung, serta para guru besar dari berbagai disiplin ilmu. (RS/HAA/PN)

KETUA MAHKAMAH AGUNG SAMPAIKAN KEYNOTE SPEECH SEMINAR NASIONAL EKONOMI SYARIAH

Jakarta – Humas: Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia, Dr. H.M. Syarifuddin, S.H.,M.H menyampaikan keynote speech dalam rangka seminar nasional ekonomi syariah yang digelar secara daring dengan tema “Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syariah yang Berkeadilan di Indonesia”, Rabu (26/8/2020) di Command Center Mahkamah Agung.

Seminar virtual ini merupakan serangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) MA yang ke-75 yang terselenggara dengan kerja sama antara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung dengan Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam acara ini hadir sebagai narasumber Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Periode 2012-2020, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H, Ketua Kamar Agama MA, Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.M, Ditjen Badilag, Dr. H. Aco Nur, S.H., M.H, Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, Prof. Dr. Jaih Mubarok, S.H.,M.Ag,  Deputi Direktur Grup Riset Otoritas Jasa Keuangan, Dr. H. Setiawan Budi, Lc., M.M, serta Wakil Presiden Republik Indonesia  sebagai Ketua Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI), Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin yang sekaligus membuka acara.

“Diselenggarakannya acara ini guna meningkatkan pembenahan ekonomi syariah di Indonesia. Dilihat dari indikatornya, ekonomi syariah di Indonesia sudah cukup baik dibuktikan dengan adanya lebih dari 45 institusi bank syariah serta 4500-5500 baitul mal watamwil. Pemerintah juga terus mendukung tumbuh dan berkembangnya ekonomi syariah di Indonesia dan berharap membawa dampak yang lebih baik untuk ekonomi syariah di Indonesia” tutur K.H. Ma’ruf Amin sebagai Ketua DSN MUI.

Dalam paparan keynote speech, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan, terselenggaranya seminar ini menunjukkan bahwa pembinaan sumber daya manusia di lingkungan Mahkamah Agung terus berjalan meski di tengah suasana pandemi covid-19 yang mengancam kesehatan manusia di seluruh dunia. Sebagai negara yang menganut dual economic system, yaitu sistem ekonomi konvensional dan ekonomi syariah, Indonesia telah memberikan perhatian besar terhadap perkembangan ekonomi syariah mengingat kontribusinya yang sangat signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dalam rangka mendukung program prioritas nasional, Mahkamah Agung telah menetapkan beberapa langkah strategis dengan mengacu pada visi misi Indonesia 2045 terkait target Pemerintah mengenai peningkatan predikat EoDB, di mana pada akhir 2025 pemerintah berharap agar peringkat EoDB Indonesia bisa naik ke peringkat 35, dan selanjutnya pada tahun 2035 naik ke pringkat 20 dan akhirnya pada tahun 2045 mencapai peringkat 10 besar”, papar Dr.H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.

Seminar nasional ini juga dihadiri Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Agama, Ketua Kamar Perdata dan para pejabat eselon I dan II Mahkamah Agung serta para hakim peradilan agama yang mengikuti secara virtual. (RS/HAA/PN).

PEMBUKAAN BIMBINGAN TEKNIS DALAM MENINGKATKAN INTEGRITAS DAN PROFESIONALISME PANITERA MILITER DILINGKUNGAN PERADILAN MILITER TAHUN 2020

Jakarta – ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id. pada hari senin tanggal 24 Agustus 2020, telah dilaksanakan pembukaan Bimbingan Teknis bagi Panitera dilingkunga Peradilan Militer yang dilaksanakan secara daring/online, Bimbingan Teknis ini di buka langsung oleh Ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara yang dimana dalam pembukaannya juga dilakukan secara daring/online di Dilmil II-09 Bandung.

1
2 3
Foto Dirjen Badilmiltun di Dilmil II-09 Bandung

 

Pada pembukaan acara Bimbingan Teknis ini juga dihadiri oleh Kolonek Chk Kiswari, S.H., M.H. selaku Direktur Binganisminmil Ditjen Badilmiltun, Drs. H. Ach. Jufri, S.H., M.H. selaku Sekretaris Ditjen Badilmiltun serta Para Pejabat Eselon III dan Eselon IV dilingkungan Ditjen Badilmiltun, dalam pelaksanaannya tidak lupa untuk tetap menerapkan protokol Kesehatan pencegahan penularan virus COVID – 19.

6
7 8 9

 

Berikut daftar peserta yang mengikuti Bimbingan Teknis Panitera :

1. Kapten Chk Imam Wahyudi, S.H. dari Dilmilti I Medan
2. Mayor Laut (KH) Rachmad Roni, S.H. dari Dilmilti II Jakarta
3. Mayor Laut (KH/W) Lidiya, S.H. dari Dilmilti III Surabaya
4. Peltu Munsen Bona Pakpahan, S.H. dari Dilmil I-01 Banda Aceh
5. Lettu Chk (K) Nurhafni, S.H. dari Dilmil I-02 Medan
6. Pelda Surya Dinata, S.H. dari Dilmil I-03 Padang
7. Pelda Sapriyanto, S.H. dari Dilmil I-04 Palembang
8. Kapten Sus Hendra Arihta, S.H. dari Dilmil I-05 Pontianak
9. Pelda Suyono dari Dilmil I-06 Banjarmasin
10. Peltu Suharto dari Dilmil I-07 Balikpapan
11. Letda Chk Miyas, S.H. dari Dilmil II-08 Jakarta
12. Letda Chk Riska Dori, S.H. dari Dilmil II-08 Jakarta
13. Letda Chk Ageng Suyanto, S.H. dari Dilmil II-08 Jakarta
14. Letda Chk Zulfekri, S.H. dari Dilmil II-08 Jakarta
15. Letda Chk Zulkarnain, S.H. dari Dilmil II-08 Jakarta
16. Pelda Catur Sasi Kirono, S.H., M.M. dari Dilmil II-08 Jakarta
17. Pelda Hartono dari Dilmil II-08 Jakarta
18. Pelda Syukri dari Dilmil II-08 Jakarta
19. Pelda Yayat Sudrajat, S.H. dari Dilmil II-09 Bandung
20. Pelda Agung Sulistianto, S.H. dari Dilmil II-09 Bandung
21. Kepten Chk Tambah, S.H. dari Dilmil II-09 Bandung
22. Pelda Pitoyo, S.H. dari Dilmil II-10 Semarang
23. Pelda Ekl Subroto Aji Surono, A.Md. dari Dilmil II-11 Yogyakarta
24. Pelda Suhendra, S.H. dari Dilmil III-12 Surabaya
25. Pelda Achmad Faisal dari Dilmil III-13 Madiun
26. Pelda Kadek Subrata, S.H. dari Dilmil III-14 Denpasar
27. Pelda Nurman, S.H. dari Dilmil III-16 Makassar
28. Kapten Chk Ayik Triandi Asmara, S.H. dari Dilmil III-18 Ambon
29. Lettu Sus Budi Santoso, S.H. dari Dilmil III-19 Jayapura
30. Lettu Chk Prima Ledy Yudoyono, S.T.Han., S.H. dari Dilmil III-19 Jayapura

Bimbingan Teknis Bagi Panitera pada Peradilan Militer akan mengahdirkan narasumber-narasumber yang berkompeten, berikut daftarnya :

1. Hakim Tinggi Tipikor PT DKI Jakarta Brigjen (Purn) Anthon Saragih, S.H., M.H.
2. Panitera Dilmiltama Kolonel Sus Tutut Dyah R., S.H., M.H.
3. Pa Bintal Mabes AU Kolonel Sus Dr. Kemalsyah, S.Ag., M.Ag.
4. Panmud Pidana MARI Dr. Sudharmawatiningsih, S.H., M.Hum.

PEMBINAAN DAN PENGUMUMAN LOMBA PELAYANAN PERADILAN MELALUI ZOOM MEETING TAHUN 2020

Jakarta – ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id. pada hari Rabu 19 Agustus 2020, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengundang Para Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara dan Para Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara seluruh Indonesia untuk hadir dalam kegiatan Pembinaan sekaligus Pengumuman Lomba Pelayanan Peradilan yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting,

PTSP 2PTSP 3PTSP 4PTSP 5

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara serta Para Pejabat Eselon II, Eselon III, Eselon IV dan Hakim Yustisial dilingkungan Ditjen Badilmiltun, dalam pelaksanaannya kegiatan berjalan dengan baik dan dilakukan secara khidmat dan tidak luput untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid – 19.

PTSP 6

Berikut adalah daftar pemenang lomba pelayanan peradilan dilingkungan Peradilan Tata Usaha Negara :

1. PT TUN MAKASSAR – sebagai juara 1 pada Pengadilan Tingkat Banding

2. PTUN PALU – sebagai juara 1 pada Pengadilan Tingkat Pertama

3. PTUN JAYAPURA – sebagai juara 2 pada Pengadilan Tingkat Pertama

4. PTUN YOGYAKARTA – sebagai juara 3 pada Pengadilan Tingkat Pertama

5. PTUN JAMBI – sebagai juara Harapan 1 pada Pengadilan Tingkat Pertama

6. PTUN BANDUNG – sebagai juara Harapan 2 pada Pengadilan Tingkat Pertama

LAUNCHING VIRTUAL DIREKTORI PUTUSAN VERSI 3 DAN PENYERAHAN ANUGERAH MAHKAMAH AGUNG TAHUN 2020 SERTA DIALOG INTERAKTIF SECARA VIRTUAL

Jakarta – ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id. pada hari Rabu 19 Agustus 2020, Ditjen Badilmiltun telah melaksanakan Launching Virual Direktori Putusan Versi 3 sesuai dengan surat Panitera Mahkamah Agung RI, Nomor : 1322/PAN/HK.01/8/2020 perihal “Undangan Mengikuti Launching Virtual Direktori Putusan Versi 3 dan Penyerahan Anugerah Mahkamah Agung Tahun 2020 serta Dialog Interaktif”.

Dirput 4 revDirput 2 revDirput 5 rev

Pada kegiatan ini dihadiri oleh para Pejabat Eselon II dilingkungan Ditjen Badilmiltun serta Hakim Tinggi Badan Pengawasan selaku mantan Plt. Dirbinganismintun Ditjen Badilmiltun, Launching Direktori Putusan Versi 3 yang dilakukan secara vitual dilingkungan Ditjen Badilmiltun telah berjalan dengan baik dan dilakukan secara khidmat serta tidak luput untuk selalu menerapkan protokol Kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

PELAKSANAAN MEMPERINGATI HUT KE-75 MAHKAMAH AGUNG SECARA VIRTUAL

Jakarta – ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id. pada hari rabu tanggal 19 Agustus 2020 telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hut Ke-75 Mahkamah Agung secara virtual dengan tema “Optimalisasi Peradilan Modern Berkelanjutan Merespon Pandemi Covid – 19” sesuai dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI, Nomor : 1438/SEK/HM.01.2/8/2020 tanggal 18 Agustus 2020, perihal : Peringatan Hut Ke – 75 Mahkamah Agung Secara Virtual.

HUT MA 4 rev

HUT MA 2 rev HUT MA 3 rev

Dalam pelaksanaan memperingati HUT Ke – 75 Mahkamah Agung secara virtual dihadiri oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara serta pejabat Eselon II, Eselon III, Eselon IV dan Hakim Yustisial, dimana dalam pelaksanaannya bertempat di ruang rapat Ditjen Badilmiltun Lt.9 dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid – 19.

PELAKSANAAN UPACARA DETIK-DETIK PROKLAMASI HUT KE-75 KEMERDEKAAN RI

Upacara memperingati detik-detik proklamasi yang dilaksanakan di Istana Merdeka pada Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, 17 Agustus 2020, disiarkan secara langsung secara daring dan juga disiarkan oleh stasiun tv nasional di seluruh Indonesia.

DSC03061s  DSC03055s

Pelaksanaan upacara diikuti oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara beserta para pejabat Eselon II, Eselon III, Eselon IV, dan Hakim Yustisal yang berada di lingkungan Ditjen Badilmiltun yang mana pelaksanaannya dilakukan di Ruang Rapat Besar Ditjen Badilmiltun.

upacara detik-detik proklamasi  DSC03045s

Walaupun upacara memperingati detik-detik proklamasi dilakukan secara terpisah dan melalui media daring, namun segenap peserta upacara di ruang rapat Ditjen Badilmiltun tetap mengikuti pelaksanaan upacara secara khidmat dan ikut merasakan detik-detik proklamasi dengan sepenuh hati.

DSC03070s

Foto bersama setelah upacara detik-detik proklamasi HUT ke-75 Republik Indonesia

KETUA MAHKAMAH AGUNG SAMPAIKAN KEYNOTE SPEECH DIALOG INTERAKTIF DALAM RANGKA LAUNCHING DIREKTORI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG VERSI 3.0 SECARA VIRTUAL

Jakarta – Humas : Ketua Mahkamah Agung RI Dr. M. Syarifuddin, SH., MH menyampaikan keynote speech berjudul “Modernisasi Pengadilan : Kontribusi Badan Peradilan Untuk Mewujudkan Indonesia Maju” seminar dialog interaktif dalam rangka launching direktori putusan Mahkamah Agung Versi 3.0 secara virtual, bertempat diCommand Center Mahkamah Agung,Rabu (19/08/2020).

Pidato KMA tersebut juga disimak dengan saksama oleh para pemateri yaitu Prof. Dr Syamsul Maarif (Hakim Agung pada Mahkamah Agung), Dr. Edmon Makarim (Associate Professor of telematics law, FHUI), Prahesti Pandanwangi (Direktur Hukum dan Regulasi Kementerian Bappenas), Ahmad Fikri Assegaf (Assegaf Hamzah & Partners), Asfinawati (Ketua Umum yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia), Prof. Dr. Yohanes Sogar Simamora (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Airlangga) melalui virtual.

Dalam paparan keynote speec, Ketua MA menyampaikan ide awal pembangunan system direktori putusan adalah mewujudkan keterbukaan informasi publik oleh lembaga peradilan, dimana keterbukaan merupakan tuntutan publik sebagai bentuk pertanggungjawaban lembaga-lembaga publik kepada masyarakat. Awalnya sistem ini hanya memuat putusan-putusan Mahkamah Agung, namun pada tahun 2011, dilakukan pengembangan sistem direktori putusan dengan memberi akses kepada jajaran pengadilan se-Indonesia untuk mengunggah putusannya ke direktori putusan Mahkamah Agung. Sejak saat itu direktori putusan menjelma sebagai Pusat Data Putusan Nasional. Peningkatan kapasitas direktori putusan juga untuk membantu para hakim, khususnya Hakim Agung dalam membangun konsistensi putusan dan kesatuan penerapan hukum dalam kerangka sistem kamar dimahkamah Agung.

Lebih lanjut M. Syarifuddin mengatakan bahwa pembaharuan peradilan banyak menyentuh pada aspek prosedural yang dinilai sebagai salah satu penyebab berlarutnya penanganan perkara  di lembaga peradilan. Perubahan pada aspek ini dilakukan melalui digitalisasi prosedur baik pada sisi administrasi perkara maupun disisi teknis Yudisial, inilah yang melahirkan berbagai istilah yang sudah familiar di kalangan akademisi dan praktisi hukum seperti e-court, e-litigation, case tracking system hingga remote hearings.

Dalam cetak biru pembaharuan peradilan, lembaga peradilan harus membangun managemen informasi yang menjamin akuntabilitas, kredibilitas, transparansi serta menjadi organisasi modern berbasis teknologi informasi terpadu untuk mendorong terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang agung, upaya-upaya kearah tersebut telah dilakukan secara bertahap mulai dari pembaharuan dan fungsi pendukung misalnya melalui aplikasi komunikasi Data Nasional (Komdanas), Sistem informasi Manajemen dan Akuntasi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN), Sistem informasi Perlengkapan Mahkamah Agung Republik Indonesia (SIPERMARI), hingga ke modernisasi teknis perkara diantaranya dengan sistem Direktori Putusan, Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Pengadilan Elektronik (e-court) dan Persidangan Elektronik (e-litigation).

Diakhir sambutan, Ketua MA mengucapkan selamat berdialog interaktif secara virtual semoga bermanfaat bagi para peserta, dan semoga dapat memberikan kontribusi positif bagi pembagunan hukum nasional.

Acara dialog interaktif secara virtual diikuti juga oleh hakim agung, pejabat eselon I dan eselon II, pimpinan pengadilan tingkat pertama dan banding dari 4 lingkungan peradilan seluruh Indonesia, serta perwakilan Kementerian dan Lembaga secara virtual (Humas)

Translate »
Scroll Up