Monthly Archives: September 2020

MAHKAMAH AGUNG KEMBALI MENGGELAR SWAB TEST

Jakarta-Humas: Mahkamah Agung (MA) kembali menggelar swab test untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Rabu (30/9/2020) di Balairung Mahkamah Agung. Kegiatan ini digelar kembali setelah swab test yang pertama pada bulan Agustus 2020. Kegiatan ini wajib diikuti seluruh pegawai Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Zainal Arifin S.H., M.H., selaku Kepala Bagian Bina Sikap Mantal pada Biro Umum Badan Urusan Administrasi menyampaikan tujuan dari swab test ini untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Mahkamah Agung dan untuk hari ini yang mengikuti swab test ada sekitar 200 lebih pegawai kepaniteraan.

Kegiatan ini berlangsung sejak Selasa, 29 September 2020 yang diikuti oleh Pimpinan MA, Hakim Agung, Hakim Ad Hoc, Pejabat Eselon I, Asisten/Hakim Yustisial. Rabu, 30 Oktober 2020 sampai dengan Kamis, 1 Oktober 2020 diikuti Kepaniteraan Mahkamah Agung. Jumat, 2 Oktober 2020 diikuti oleh Biro Perencanaan dan Organisasi, Biro Perlengkapan, dan Biro Kepegawaian. Senin, 5 Oktober 2020 diikuti Biro Hukum dan Humas, Biro Keuangan, dan Biro Kesekretariatan Pimpinan. Selasa, 6 Oktober 2020 diikuti pegawai Biro Umum. Rabu, 7 Oktober 2020 diikuti cleaning service. Kamis, 8 Oktober 2020 diikuti security dan outsourcing. (Humas)

KETUA MAHKAMAH AGUNG PIMPIN WISUDA PURNABAKTI KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA JAMBI SECARA VIRTUAL

Jakarta – Humas : Ketua Mahkamah Agung Ketua Mahkamah Agung Dr. H.M Syarifuddin, SH.,MH pimpin purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi Dr. Drs. H. Busri Harun, SH, M.Ag secara virtual pada hari ini, Rabu (31/9/2020) bertempat diruang Kusumaatmadja, lantai 14, Jakarta.

Dalam sambutannya Ketua Mahkamah Agung mengatakan bahwa Suasana wabah pandemi Covid-19 ini mengharuskan kita untuk melakukan berbagai perubahan pola beraktifitas serta mengadaptasi kebiasaan baru dalam kegiatan sehari-hari. Termasuk upacara wisuda purnabakti sekarang ini, di mana sudah yangkeempat kalinya kita melaksanakan purnabakti Ketua Pengadilan Tingkat banding secara daring,dengan memanfaatkan media virtualdan teknologi informasi yang kita miliki di Mahkamah Agung. Kendati demikian, saya berharap semoga kesakralan acara ini tidak berkurang sedikit pun, dan kita semua dapat mengikuti prosesinya secara khidmat.

Rangkaian seremoni yang kita laksanakan pada hari ini merupakan acara yang sangat monumental dan bernilai historis bagi Bapak Dr. Drs. H. Busri Harun, SH, M.Ag. Hari ini, beliau memasuki usia purnabakti,setelah mendedikasikan hidupnya selama 39 tahun sebagai pegawai, hakim maupun pimpinan di lembaga peradilan. Dalam 3 tahun terakhir, beliau diamanahi tugas sebagai pucuk pimpinan pada 2 Pengadilan Tinggi Agama, yaitu di Gorontalo dan Jambi, dan hari ini sampailah beliau pada fase akhir masa pengabdiannya dengan selamat, tutur Mantan Ketua Kamar Pengawasan

Di samping jiwa yang ikhlas, sikap profesional juga menjadi karakter wajib bagi seorang hakim, yang selalu tercermin dalam sikap, perilaku maupun ilmu pengetahuan yang dimiliki. Sehingga, setiap putusan yang dijatuhkan seorang hakim terlahir dari basis pengetahuan yang kokoh dan dapat dipertanggungjawabkan. Guna mewujudkan karakter ini, seorang hakim dituntut untuk selalu belajar,dan belajar agar memiliki wawasan yang luas serta benar-benar begawan di bidang hukum. Sikap profesional inilah yang biasa disebut sebagai Al-Itqondalam khazanah keagamaan kita, dan sikap ini pula yang senantiasa dipesankan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya,ketika menekuni profesi apapun dalam kehidupan. Rasulullah SAW. bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT mencintai hamba-Nya menekuni suatu pekerjaan, ia melakukannya dengan penuh profesionalitas”. (Hadits Riwayat al-Thabrani), ucap mantan Kepala Badan Pengawasan

Dalam kacamata agama, seorang hakim dipandang sebagai seorang mujtahid, dalam arti bahwa hakim berkewajiban mengerahkan segala kemampuan intelektual yang dimilikinya untuk menggali dan menemukan hukum, agar benar-benar terlahir putusan yang tepat, dapat dipertanggungjawabkan dan mencerminkan rasa keadilan. Kita percaya, bahwa setiap ijtihad berlandaskan keilmuan yang disumbangkan hakim,setiap kali memutus perkara,merupakan amal yang bernilai ibadah di sisi Allah SWT., sebagaimana diisyaratkan dalam sabda Rasulullah SAW.: “Apabila seorang hakim berijtihad sesuai keilmuannya, dan ijtihadnya melahirkan putusan yang benar, maka ia mendapatkan 2 pahala. Dan apabila hakim tersebut telah berijtihad sesuai keilmuannya, dan ternyata ijtihadnya itu melahirkan putusan yang keliru, maka ia tetap mendapat 1 pahala”.(Hadits Riwayat Bukhari-Muslim), ungkap M.Syarifuddin, SH., MH.

Diakhir sambutan KMA mengucapkan selamat memasuki Purnabakti, dan selamat menjadi anggota PERPAHI (Persatuan Purnabakti Hakim Indonesia) dan saya harap agar tetap terjalin komunikasi dan tali silaturahim dengan insan jajaran peradilan dan Mahkamah Agung, demikian pula ibu Dr. Drs. H. Busri Harun, SH., M.Ag  juga dapat tetap menjalin komunikasi dan tali silaturahim dengan para ibu-ibu Dharmayuktikarini

Wisuda purnabakti virtual ini dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Direktur Jendral Badan Peradilan Agama, dan Ketua Umum Dharmayukti Karini. (Humas)

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN KETUA PENGADILAN TINGKAT BANDING DAN KEPALA BADAN PENGAWASAN MAHKAMAH AGUNG RI

Jakarta-Humas: Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI), Dr. H. M. Syariffudin, S.H., M.H. melantik Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Kepala Badan Pengawasan, Senin (28/9/2020) di Gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara No. 9-13, Jakarta.

Pejabat yang diambil sumpahnya dan dilantik ialah, Kepala Badan Pengawasan, H. Dwiarso Budi Santiarto, S.H., M.Hum., Ketua Pengadilan Tinggi Kendari, H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Drs. H. Pelmizar, M.H.I, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Drs. H.R.M. Zaini, S.H., M.H.I., dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari, Drs. H.A. Muzakki, M.H.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti pada nusa bangsa”, ucap keempat Ketua Pengadilan Tingkat Banding di hadapan Ketua Mahkamah Agung.

Dalam sambutannya, Dr. H. M. Syariffudin, S.H., M.H., menyampaikan harapannya kepada keempat Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Kepala Badan Pengawasan agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19. Ketua MA juga menghimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak (physical distancing), dan mencuci tangan.

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan dihadiri juga oleh Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar MA, Plt Sekretaris MA, para pejabat Eselon 1, dan Ketua Umum Dharmayukti Karini. (HAA/RS/PN).

 

DHARMAYUKTI KARINI PERINGATI ULANG TAHUN KE XVIII

Jakarta – Humas: Dharmayukti Karini Mahkamah Agung (MA) memperingati ulang tahun ke XVIII, bertempat di Balairung MA, Jumat (25/9/2020). Acara ini dirayakan berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini Dharmayukti Karini merayakan ulang tahun secara virtual, sedangkan undangan yang hadir secara fisik terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan. Di tengah pandemi Covid-19, acara ini digelar sederhana.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/7919

Mengangkat tema Dengan Semangat HUT Dharmayukti Karini XVIII Kita Wujudkan Pelaksanaan Program Kerja Melalui Media Elektronik, Norida Andi Samsan Nganro, S.E, selaku Ketua Panitia HUT  menyampaikan, peringatan HUT Dharmayukti Karini ini merupakan program yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Ini merupakan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan.

“Rangkaian acara HUT ini diantaranya ada penyerahan bantuan dana beasiswa yang telah diselenggarakan pada 24 September 2020 dan ada penyerahan tali kasih. Sebanyak 418 orang mendapat beasiswa meliputi SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi”,  ucap Ketua Panitia.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/7920

Lebih lanjut Ketua Umum Dharmayukti Karini, Budi Utami Syarifuddin menghimbau kepada seluruh anggota Dharmayukti Karini tidak patah semangat dalam melaksanakan program kerja dengan memanfaatkan media elektronik. Melanjutkan program kerja yang sudah memasuki tahun kedua meliputi bidang organisasi, bidang pendidikan, bidang ekonomi dan bidang sosial budaya.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/7921

Ketua Mahkamah Agung, Dr. H. M Syarifuddin, S.H., M.H yang sekaligus pelindung Dharmayukti Karini MA mengatakan bahwa usia 18 tahun, usia yang bagi seorang manusia merupakan usia remaja, dipenuhi kompleksitas permasalahan menuju kedewasaan. Pada usia ini dibutuhkan kematangan dari seluruh pengurus dalam berpikir dan bertindak agar organisasi yang dikendalikan dan dibesarkan dengan curahan semangat dan kerja keras dari seluruh elemen yang berada dalam organisasi dapat terus bergerak sesuai arahan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta seluruh kebijakan organisasi Dharmayukti Karini.

“Konektivitas teknologi transportasi, telah memungkinkan mobilitas dan penyebaran informasi yang sangat cepat. Tema yang diangkat dalam hari jadi Dharmayukti Karini ini merupakan tema yang menunjukkan kuatnya komitmen untuk melakukan modernisasi organisasi melalui pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan program kerja Dharmayukti Karini ”, tambah Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/7922

Acara ini dihadiri juga Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, Dr. Sunarto, S.H., M.H yang hadir secara fisik serta dihadiri secara virtual oleh para pejabat eselon I MA, pengurus Dharmayukti Karini pusat dan cabang seluruh Indonesia beserta anggota, dan para satuan kerja Dharmayukti Karini. (HAA/DS/PN/RS). Humas

PENYERAHAN BANTUAN DANA BEASISWA OLEH DHARMAYUKTI KARINI MAHKAMAH AGUNG

Jakarta – Humas: Dharmayukti  Karini Mahkamah Agung (MA) menyerahkan bantuan dana beasiswa kepada 418 orang, Kamis (24/9/2020) bertempat di Balairung Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Koordinator Penyerahan Bantuan Dana Beasiswa, Dr. Istianah Salman Luthan dalam sambutannya menyampaikan, penyerahan dana beasiswa ini merupakan program unggulan Dharmayukti Karini MA.

“Di pandemi ini, Dharmayukti Karini MA tetap berkomitmen membantu biaya pendidikan keluarga besar Mahkamah Agung yang benar-benar memerlukan. Tahun ini jumlahnya naik disbanding tahun sebelumnya”, ujar Dr Istianah Salman Luthan.

Jumlah penerima beasiswa tahun ini berdasarkan jenjang pendidikan meliputi jentang Sekolah Dasar (SD) sebanyak 220 orang, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 83 orang, Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 67 orang dan Perguruan Tinggi (PT) sebanyak 48 orang.

Sedangkan berdasarkan satuan kerja, Kesekretariatan 76 orang, Panitera 19 orang, Badilum 31 orang, Peradilan 10 orang, Security 48 orang, Cleaning service 60 orang. Dan tentunya teknik penyerahan beasiswa ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya bisa diserahkan langsung ke penerima, namun di tahun ini lewat satuan koordinator guna mengurangi penyebaran Covid-19.

 Lebih lanjut, Plt Ketua Dharmayukti Karini, Anggarwati Sunarto mengatakan, hari ini karena adanya wabah sehingga tema yang diusung ialah melalui  Dana Bantuan Beasiswa (DBBS) Dahramayukti Karini mendukung belajar jarak jauh dengan teknologi digital. Harapannya dengan adanya penyerahan beasiswa ini bisa membantu para penerima beasiswa sehingga menjadi penyemangat dalam belajar. Sumber dana beasiswa ini ialah dari para pimpinan, para hakim, pejabar eselon I dan II, sekretaris MA, panitera serta para donator. (RS/HAA/PN).

MAHKAMAH AGUNG KEMBALI MENDAPATKAN BMN AWARDS 2020

Jakarta – Humas: Biro Perlengkapan dan Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung (MA) kembali mendapatkan dua penghargaan BMN Awards pada Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan  Keuangan Tahun 2020. Kedua penghargaan tersebut yaitu pengelolaan BMN terbaik pertama untuk kategori continuous improvement dalam pengelolaan BMN dan peringkat pertama di kelompok ketiga  untuk kategori kualitas pelaporan  BMN. Penghargaan ini diselenggarakan secara virtual, Selasa (22/9/2020).

Melalui keterangan tertulis, Menteri Keuangan Republik Indoneia (RI) Sri Mulyani mengatakan, bahwa ia sangat menghargai dengan makin meningkatnya jumlah kementerian atau lembaga serta pemerintah daerah yang berhasil mendapatkan opini tertinggi dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) yaitu opini wajar tanpa pengecualian.

“Saya berharap bahwa capaian tersebut akan terus dipertahankan dan ditingkatkan dan juga merupakan indikator semakin meningkatnya tata kelola di semua kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah”, tambah Sri Mulyani dalam sambutan.

BMN Awards ini diperoleh MA dalam Kategori Peningkatan Tata Kelola Berkelanjutan (Continous Improvement) melalui aplikasi  Sistem Informasi Perlengkapan Mahkamah Agung RI (SIPERMARI). Biro Perlengkapan BUA telah melakukan upaya-upaya secara optimal sehingga dapat tercapai peningkatan kinerja yang progresif dan signifikan dalam pengelolaan BMN melalui penggunaan teknologi informasi. Penghargaan lainnya yang diperoleh MA ialah Kategori Kualitas Pelaporan BMN dengan kualitas pelaporan terbaik dan mencakup aspek pengawasan serta pengendalian maupun efektivitas perencanaan kebutuhan.

Plt Sekretaris Mahkamah Agung,  Dr. Aco Nur, S.H., M.H menyambut baik pencapaian atas penghargaan yang telah diraih BUA Mahkamah Agung. Lebih lanjut Dr. Aco Nur menyampaikan, ada empat aspek yang dituju yakni tertib administrasi, tertib hukum, tertib fisik serta tertib pengelolaan, sehingga inovasi SIPERMARI ini dalam rangka membantu pemerintah untuk menata usaha BMN dengan baik.

Kepala Biro Perlengkapan BUA MA, Rosfiana juga menambahkan, dengan diraihnya penghargaan ini BUA sangat bersyukur dan terus akan meningkatkan kualitas pengelolaan BMN dengan pemanfaatan teknologi.

BMN Awards ini merupakan acara tahunan dari Kementerian Keuangan dalam penilaian kinerja kementerian atau lembaga. Lima kategori dalam BMN Awards 2020 ini ialah kategori utilisasi BMN, kualitas pelaporan BMN, sertifikasi BMN berupa tanah, peningkatan tata kelola berkelanjutan dan kerja sama tata kelola antar kementerian atau lembaga (RS/HAA/PN).

 

SOSIALISASI PELAKSANAAN PEMBAYARAN TUNJANGAN KINERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN MAHKAMAH AGUNG DAN BADAN PERADILAN DI BAWAHNYA

Jakarta – Humas: Plt Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Dr. Aco Nur, S.H., M.H memberikan sambutan sekaligus membuka acara Sosialisasi Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan MA dan Badan Peradilan di Bawahnya di Media Center MA, Selasa (22/9/2020).

Dr. Aco Nur, S.H., M.H mengatakan, pimpinan Mahkamah Agung memiliki political will yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan para aparatur peradilan di Indonesia. Hal ini tentunya harus diikuti dengan meningkatnya kualitas dalam bekerja dan membantu masyarakat pencari keadilan, sehingga perlu perubahan mindset dan culture set.

“Saya berharap pengadilan-pengadilan  benar-benar memperhatikan program MA seperti memperhatikan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Ini harus kita perjuangkan bahwa peradilan dan MA merupakan WBK” ungkap Dr. Aco Nur, S.H., M.H.

Plt. Sekretaris MA juga menambahkan bahwa ada empat misi yang perlu diperhatikan yakni: bagaimana menjaga independensi peradilan di seluruh Indonesia, memberikan keadilan bagi masyarakat pencari keadilan, kualitas pimpinan, serta akuntabilitas atau transparansi.

Lebih lanjut, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Joko Upoyo Pribadi, S.H., M.H yang sekaligus sebagai Ketua Panitia menyampaikan, bahwasanya acara ini dilaksanakan dengan kehadiran secara fisik dan terbatas di lingkungan MA yang dihadiri para Kepala Biro. Badan peradilan yang di bawahnya serta 420 pejabat Eselon II, III, IV di lingkungan MA mengikuti secara virtual.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari Perma No. 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya (RS/HAA/PN).

SOSIALISASI PENILAIAN KINERJA PEGAWAI

IT – Pada hari jum’at tanggal 18 September 2020 diselenggarakan sosialisasi Penilaian Kinerja Pegawai yang dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang.

Acara ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian dan pemahaman yang sama dalam pengisian Laporan Penilaian Kinerja Pegawai Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang serta mengurangi keterlambatan pengiriman Laporan Penilaian Kinerja Pegawai.

BIMBINGAN TEKNIS PERSIDANGAN SECARA ELEKTRONIK (E-COURT) BAGI PARA HAKIM DI LINGKUNGAN PERADILAN TATA USAHA NEGARA TAHUN 2020

 Bintek TUN Tahun 2020

Jakarta 17 September 2020, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Badan Peradilan Tata Usaha Negara telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Persidangan Secara Elektronik  (E-Court) bagi Para Hakim di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara yang dilaksanakan secara online/daring. Kegiatan Bimbingan Teknis ini dilaksanakan mulai tanggal 14 s.d 17 September Tahun 2020 bertempat di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI lt. 9 di ruang Rapat Besar dan dihadiri oleh 80 peserta.

Acara dibuka oleh ibu H. Lulik Tri Cahyaningrum, SH., MH. (Dirjen Badilmiltun MA RI). Dalam sambutannya belau menyampaikan harapanya agar kegiatan bimbingan teknis ini dapat berlangsung lancar dan materi yang disampaikan dapat diterapkan di satker masing-masing secara maksimal. Mengingat Persidangan secara Elektronik (E-Court) merupakan produk unggulan Mahkamah Agung RI, yang bila diterapkan sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Selain itu E-Court merupakan upaya dalam mewujudkan kemudahan beracara di pengadilan.

Narasumber dalam kegiatan Bintek ini adalah Bapak Arya Suyudi, SH., LLM. , Bapak Heri Abduh, SH., MH., Bapak Yuliant Prajaghupta, SH., dan Bapak Dikdik Somantri, SH., S.Ip., MH. Acara ditutup kembali oleh Ibu Dirjen Badilmiltun pada hari Kamis, 17 September 2020 di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI

RAPAT KOORDINASI PENANGANAN PERKARA PILKADA

RAPAT KOORDINASI PENANGANAN PERKARA PILKADA

Jakarta – Humas: Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Non Yudisial, Dr. Sunarto, S.H., M.H yang sekaligus merangkap sebagai Plt. Wakil Ketua MA Bidang Yudisial membuka acara rapat koordinasi persiapan menghadapi perkara gugatan atas sengketa Tata Usaha Negara (TUN) di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara dan Mahkamah Agung, Kamis (17/9/2020) di Command Center MA.

Rapat ini dipimpin oleh Dr. H. Yulius, S.H., M.H dan dihadiri para Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung, Panitera MA, Panitera Muda Tata Usaha Negara, Dirjen Badilmiltun MA yang hadir secara fisik, serta  para Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara dan Hakim Tinggi Tata Usaha Negara (Medan, Makassar, Jakarta dan Surabaya) yang hadir secara virtual.

Plt. Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Dr. Sunarto, S.H., M.H dalam sambutannya mengingatkan bahwasanya perlu segera melakukan persiapan-persiapan dalam menyongsong adanya Pilkada, pemilihan Bupati, Gubernur, Wali Kota serta para wakilnya yang terkadang memunculkan sengketa. Walaupun ini bukan hal baru yang dilakukan, jangan anggap sebagai rutinitas karena ini ada nuansa politiknya bukan seperti perkara sehari-hari. Terkadang bisa mengganggu citra badan Peradilan Tata Usaha Negara. Dr. Sunarto. S.H., M.H juga berpesan untuk selalu menjaga kesehatan karena kesehatan merupakan hal yang utama dan tentunya agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. (RS/HAA/PN)

Translate »
Scroll Up