Daily Archives: November 5, 2020

TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA BAPAK MULA HAPOSAN SIRAIT, SH., MH. (HAKIM TINGGI PT. TUN MEDAN)

KEGIATAN PEMBUKAAN BIMBINGAN TEKNIS KEUANGAN PERKARA BAGI PARA PANITERA MUDA PERKARA DAN BENDAHARA KEUANGAN PERKARA DI LINGKUNGAN PERADILAN TATA USAHA NEGARA

Jakarta, 3 November 2020 bertempat di gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI lt. 9, Ditjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara telah melaksanakan Acara Pembukaan secara virtual dan gabungan antara dua kegiatan Bimbingan Teknis yaitu Kegiatan Bimbingan Teknis Keuangan Perkara bagi Para Panitera Muda Perkara dan Bendahara Keuangan Perkara serta  Kegiatan Bimbingan Teknis Pemeriksaan Alat Bukti Elektronik di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2020. Kegiatan diawali dengan laporan oleh Bapak Sudiyono, SH., MH. (Kasubdit Binmin Diltun) dan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. (Dirjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara).

Sebelum memberikan arahan, Dirjen Badilmiltun MA RI terlebih dahulu melakukan pengecekan kehadiran daripada peserta kegiatan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan para peserta kegiatan Bintek dalam mengikuti acara ini secara khitmat dan dapat menerima materi lebih maksimal. Dirjen menekankan agar peserta mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh serta mampu meningkatkan lagi kompetensinya,  menambah pengetahuan dan mampu bersaing dalam meningkatkan kompetensi, mengingat kedepan akan lebih besar lagi tantangan dalam pelaksanaan pekerjaan. “Jabatan adalah amanah, integritas seseorang sangat berpengaruh penting”, ucap Ibu Dirjen.

Setelah para peserta menerima pengarahan dari Dirjen, acara kemudian dilanjutkan di Kelas virtual masing-masing. Kegiatan Bimbingan ini dijadwalkan akan terlaksana  selama 3 hari, mulai dari tanggal 3 sampai dengan 5 November 2020.

KUNJUNGAN KERJA KOMISI III DPR RI DENGAN 4 (EMPAT) LINGKUNGAN PERADILAN DI WILAYAH NUSA TENGGARA TIMUR

Kupang, Humas 26 Oktober 2020 Bertempat diaula Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Propinsi NTT dengan dihadiri oleh jajaran Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding dari 4 (empat) lingkungan Peradilan diKupang, Menerima rombongan Komisi III DPR RI yang dipimpin oleh Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry. Acara ini juga dihadiri oleh anggota lainnya Muhammad Rahul, Dr.Beny K harman, SH, KOMJEN (PURN) Drs.H. Adang Daradjatun, I Wayan Sudirta, N M Dipo Nusantara PUA UPA ,SH.,M.Kn,  Ary Egahni Ben Bahat,SH,  Dr Hinca IP Panjaitan XIII,SH,MH,ACCS.

Dalam Rangka Kunjungan Kerja Reses Masa Persidangan I Tahun 2020-2021, Kegiatan tersebut juga diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan pengadilan tingkat pertama pada 4 (empat) lingkungan Peradilan diwilayah Provinsi Kupang secara virtual.

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry dengan maksud dan tujuan rombongan komisi III DPR RI mempunyai tugas fungsi terkait anggaran dan Pengawasan Terhadap para mitra kerja Komisi III DPR RI . Paparan diawali permulaan dari Ketua Pengadilan TInggi Kupang, Kemudian Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang, lalu Pengadilan MIliter III-15 Kupang, dan Pengadilan Tata Usaha Negara Kupang.

Rapat kerja yang dilaksanakan di masa pandemi ini berjalan dengan tetap mematuhi protocol kesehatan dengan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk ruang rapat, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker dan menjaga jarak (physical distancing), serta melakukan rapid tes.

Kemudian diakhiri dengan pertukaran plakat dan foto bersama .  (humas)

PENYUSUNAN NASKAH AKADEMIK PERATURAN MAHKAMAH AGUNG TENTANG DIVERSI DAN PENANGANAN PERKARA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM

Jakarta – Humas : Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu Dr. Nirmala, SH., M.hum didampingi oleh Plh Kepala Biro Hukum dan Humas Dr. Andi Julia Cakrawala, SH., MH membuka acara penyusunan naskah akademik peraturan Mahkamah Agung tentang diversi dan penanganan perkara anak berhadapan dengan hukum, pada hari Senin, (2/11/2020) bertempat di Best Western Plus Kemayoran Hotel.

Tujuan diadakan acara ini memberikan pedoman bagi hakim untuk kesatuan dan konsistensi implementasi diversi dan penerapan Undang – Undang, sistem peradilan pidana anak.

Acara ini dihadiri oleh Dr. Diah Sulastri Dewi, SH., MH (Hakim Tinggi Tanjungkarang, para Hakim Yustisial Mahkamah Agung serta Akedemisi Universitas Pelita Harapan Karawaci. Rapat dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan melakukan 3M: menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.(Humas)

Translate »
Scroll Up