Bogor – Humas: Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung RI, Dr. Suhadi, SH.,MH membuka secara resmi kegiatan Seleksi Profil Assesment dan Wawancara Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi  (Tipikor) Tahap XII Tahun 2019 bertempat di Pusdiklat Mahkamah Agung RI Megamendung Bogor pada Minggu, 15 Desember 2019.

Dalam sambutannya Ketua Kamar Pidana mengatakan bahwa tanggung jawab Mahkamah Agung yang diamanatkan oleh Undang-undang No. 46 Tahun 2009 tentang Pengadilan Tipikor, adalah mendirikan Pengadilan Tipikor Seluruh Indonesia dan menyeleksi Hakim Ad Hoc untuk memeriksa perkara Tipikor. Menurut UU tersebut penyelenggaraan seleksi dari Tingkat Pertama sampai ke Tingkat Hakim Ad Hoc di Mahkamah Agung, dilaksanakan oleh Mahkamah Agung bersama unsur masyarakat, yang dalam hal ini Akademisi dan Praktisi Hukum. Dan sejak UU No. 46 Tahun 2009 berlaku 29 Oktober 2009 hingga sekarang  sudah 12 kali penyelenggaraan, namun di rasa masih kurang.  Untuk tahun ini saja sudah 2 kali penyelenggaraan seleksi namun belum juga cukup.

http://103.16.79.44/cms/media/6946

Dr. Suhadi yang juga sebagai Ketua I Panitia Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Tipikor mengharapkan seleksi kali ini akan lebih banyak yang lulus untuk mencukupi kondisi yang ada sekarang  ini, karena masih banyak pengadilan-pengadilan yang kurang Hakim Ad Hocnya. Dengan mengedepankan Kualitas sebagai tolak ukur dalam menyeleksi agar menjadi pedoman sebagaimana yang digariskan oleh Pimpinan Mahkamah Agung.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Panitera Muda Pidana Khusus selaku Panitia Seleksi, Suharto, SH.,M.Hum menyampaikan bahwa  Pelamar untuk Calon Hakim Ad Hoc Tipikor sebanyak 298 orang, Lulus Seleksi Administrasi sebanyak 259 orang. Yang mengikuti  Ujian Tertulis sebanyak 251 orang dan yang berhasil  Lulus Ujian Tertulis sebanyak 125 orang. Terdiri dari Tingkat Pertama  73 orang,  Pria 60 orang, Wanita 13 orang. Tingkat Banding 52 orang, Pria 49 orang, Wanita 3 orang. Dari 125 orang yang ikut seleksi Profile Assesment dan Wawancara ini, tidak hadir 1 orang mengundurkan diri.

http://103.16.79.44/cms/media/6948

Hadir pada acara Pembukaan Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Tipikor ini, Panitera Mahkamah Agung, Panitera Muda Pidana Umum, Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung, dan Hakim Tinggi Koordinator Badan Litbang Diklat Kumdil mewakili Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 15 s/d 18 Desember 2019. (enk/RS/photo: sf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »
Scroll Up