Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. Hatta Ali, S.H., M.H., membuka secara resmi acara Pameran Kampung Hukum tahun 2018 dengan tema “Membangun Kesadaran Bermedia Social Secara Cerdas dan Bertanggung Jawab” di Gedung Cendrawasih Jakarta Convention Centre Jakarta pada hari Kamis, 01 Maret 2018. Pameran Kampung Hukum merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh Biro Hukum dan Humas MA berbarengan dengan Laporan Tahunan Mahkamah Agung. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai peran dan fungsi lembaga yang mengikuti pameran dan sarana mensosialisasikan layanan publik oleh para peserta pameran.

Dalam sambutannya Hatta berharap masyarakat bisa cerdas dalam menggunakan media sosial. “Etika dalam media sosial bukan hanya untuk melindungi hak pribadi. Tapi untuk menjaga agar aktivitas di ruang publik tidak tercederai oleh aktivitas tidak bertanggung jawab”, kata Hatta dalam acara yang juga dihadiri oleh Ketua Mahkamah Agung Malaysia dan Delegasi Mahkamah Agung Saudi Arabia itu. “Melalui pameran kampung hukum bisa memberikan kontribusi membanggun masyarakat yang cerdas khusunya dalam penggunaan media sosial”, tambah Hatta.

Pada kesempatan yang sama Kepala Biro Hukum dan Humas Dr. Abdullah, S.H., M.H., dalam laporannya sebagai Panitia mengatakan bahwa pameran tahun ini diikuti oleh 21 (dua puluh satu) peserta baik dari internal maupun eksternal Mahkamah Agung.

Pada Pelaksanaan pameran kali ini selain diikuti oleh 7 (tujuh) Unit Kerja Eselon I (satu) di Mahkamah Agung dengan memamerkan kebijakan dan keberhasilan dalam layanan publik yaitu :

  1. Badan Urusan Administrasi
  2. Badan Peradilan Umum
  3. Badan Peradilan Militer dan Peradilan TUN
  4. Badan Peradilan Agama
  5. Kepaniteraan
  6. Badan Pengawasan
  7. Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan Pelatihan (Balitbang Diklat Kumdil)
  8. Koperasi Mahkamah Agung
  9. Layanan Kesehatan Mahkamah Agung

Adapun peserta dari kalangan eksternal, antara lain :

  1. Mahkamah Konstitusi RI
  2. Majelis Permusyawaratan Rakyat
  3. Komisi Yudisial RI
  4. Kepolisian Negara RI
  5. Kejaksaan Agung RI
  6. Kementerian Hukum dan HAM
  7. Komisi Pemberantasan Korupsi
  8. Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan
  9. Badan Narkotika Nasional RI
  10. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban RI
  11. KPPPA
  12. Bank Tabungan Negara
  13. Bank Negara Indonesia

Kegiatan Pameran dirangkai juga dengan kegiatan lainnya berupa lomba meme dan vlog, serta talkshow bertemakan “Pencemaran Nama Baik Melalui Hoax pada Media Sosial”, dengan Narasumber psikologi forensik Reza Indragiri Amriel, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, serta Panitera Muda Perdata Mahkamah Agung Soeharto. Pameran ini dihadiri oleh beragama kalangan seperti mahasiswa, pelajar, praktisi hukum, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan undangan lainnya.

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »
Scroll Up