MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN TATA USAHA NEGARA TANJUNGPINANG

Jln. Ir. Sutami No. 3, Kec. Sekupang, Kota Batam - Kepulauan Riau 29432
Telp : (0778) 324299
Email : pengaduan@ptun-tanjungpinang.com

SIKAP HAKIM

  1. DALAM KEDINASAN
    1. SIKAP HAKIM DALAM PERSIDANGAN
      1. Bersikap dan bertindak menurut garis-garis yang ditentukan dalam hukum acara yang berlaku.
      2. Tidak dibenarkan bersikap yang menunjukkan memihak atau bersimpati atau anti pati terhadap pihak-pihak  yang berperkara.
      3. Harus bersikap sopan, tegas dan bijaksana dalam memimpin sidang, baik dalam ucapan maupun perbuatan.
      4. Harus menjaga kewibawaan dan kenikmatan persidangan.
    2. SIKAP TERHADAP SESAMA REKAN
      1. Memelihara dan memupuk hubungan kerja sama yang baik antara sesama rekan.
      2. Memiliki rasa setia kawan, tenggang rasa dan saling menghargai antara sesama rekan.
      3. Memiliki kesadaran, kesetiaan, penghargaan terhadap korps Hakim.
      4. Menjaga nama baik dan martabat rekan-rekan, baik didalam maupun di luar kedinasan.
    3. SIKAP HAKIM TERHADAP BAWAHAN/PEGAWAI
      1. Harus mempunyai sikap kepemimpinan terhadap bawahan.
      2. Membimbing bawahan untuk mempertinggi kecakapan.
      3. Harus mempunyai sikap seorang bapak/ibu yang baik terhadap bawahan.
      4. Memelihara kekeluargaan antara bawahan dengan Hakim.
      5. Memberi contoh kedisplinan terhadap bawahan.
    4. SIKAP HAKIM TERHADAP ATASAN
      1. Taat kepada pimpinan atasan.
      2. Menjalankan tugas-tugas yang telah digariskan oleh atasan dengan jujur dan ikhlas.
      3. Berusaha memberi saran-saran yang membangun kepada atasan.
      4. Mempunyai kesanggupan untuk mengeluarkan/mengemukakan pendapat kepada atasan tanpa meninggalkan norma-norma kedinasan.
      5. Tidak dibenarkan mengadakan resolusi terhadap atasan dalam bentuk apapun.
    5. SIKAP PIMPINAN TERHADAP SESAMA REKAN HAKIM
      1. Harus memelihara hubungan baik dengan Hakim bawahannya.
      2. Membimbing bawahan dalam pekerjaan untuk memperoleh kemajuan.
      3. Harus bersikap tegas, adil serta tidak memihak.
      4. Memberi contoh yang baik dalam perikehidupan, di dalam mapun diluar dinas.
    6. SIKAP HAKIM TERHADAP INSTANSI LAIN
      1. Harus memelihara kerja sama dan hubungan yang baik dengan instansi-instansi lain.
      2. Tidak boleh menonjolkan kedudukanya.
      3. Menjaga wibawa dan martabat Hakim dalam hubungan kedinasan.
      4. Tidak menyalahgunakan wewenang dan kedudukan terhadap instansi lain.
  2. DI LUAR KEDINASAN
    1. SIKAP HAKIM PRIBADI
      1. Harus memiliki kesehatan rohani dan jasmani.
      2. Berkelakuan baik dan tidak tercela.
      3. Tidak menyalahgunakan wewenang untuk kepentingan pribadi maupun golongan.
      4. Menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan dursila dan kelakuan yang dicela oleh masyarakat.
      5. Tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merendahkan martabat hakim.
    2. SIKAP DALAM RUMAH TANGGA
      1. Menjaga keluarga dari perbuatan-perbuatan yang tercela, baik menurut norma-norma hukum kesusilaan.
      2. Menjaga ketenteraman dan keutuhan rumah tangga.
      3. Menyesuaikan kehidupan rumah tangga dengan keadaan dan pandangan masyarakat.
      4. Tidak dibenarkan hidup berlebih-lebihan dan mencolok.
    3. SIKAP DALAM MASYARAKAT
      1. Selaku anggota masyarakat tidak boleh mengisolasi diri dari pergaulan masyarakat.
      2. Dalam hidup bermasyarakat harus mempunyai rasa gotong-royong.
      3. Harus menjaga nama baik dan martabat hakim.

Dasar Hukum:  Perma No. 7 Tahun 2006 Tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya.

Informasi Cepat

BANTUAN HUKUM
Bantuan Hukum

Pemberian layanan Hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat Tidak mampu di Pengadilan

DIREKTORI PUTUSAN MA
Direktori Putusan

Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang yang telah diunggah pada Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia dapat diakses oleh publik.

E-COURT

E-COURT

Adalah layanan bagi Pengguna terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

  •  e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan)
  •  e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online)
  •  e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)

INFO PENDAFTARAN PERKARA
Informasi Pendaftaran Perkara PTUN Tanjungpinang

STATISTIK PENGADILAN
Statistik Perkara Pengadilan PTUN Tanjungpinang

INFO KASASI / PENINJAUAN KEMBALI
Info Kasasi / Peninjauan Kembali

Sistem Informasi Administrasi Perkara Mahkamah Agung Republik Indonesia (SIAP-MARI) memuat informasi data perkara pada tingkat Kasasi / PK

TEMPLATE ANJUNGAN GUGATAN MANDIRI
SISTEM INFORMASI PENGAWASAN (SIWAS) MA-RI
Sistem Informasi Pengawasan

Bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.

PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK
HASIL SURVEY SKM / IPK

SURVEY KEPUASAN PUBLIK

Lihat Hasil Survey Kepuasan Terhadap Pelayanan Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang

Tautan

Survey Kepuasan Masyarakat

Survey Kepuasan Pelayanan Publik
Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang 

Index Persepsi Korupsi
Survey Index Persepsi Korupsi di Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang

E-Brochure dan E-Katalog

E-Brochure
E-Brochure Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang

E-Katalog
E-Katalog Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang

Statistik Pengunjung

  • 1
  • 126
  • 171
  • 41,534
Translate »
Skip to content